Calon Kades akan Mengikuti Seleksi Pembobotan Pilkades

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Hari Jumat (26/10) lalu, merupakan hari terakhir bagi pelamar calon kepala desa untuk melengkapi persyaratan pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II tahun ini. Proses tersebut akan dilanjutkan dengan penetapan oleh panitia pilkades tingkat desa, yang hasilnya akan diumumkan pada 3 Desember mendatang.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Tegal, Prasetiawan mengatakan, dari proses pengumpulan persyaratan, diketahui ada desa yang jumlah pelamarnya lebih dari lima orang. Ada desa yang pelamarnya lebih dari lima. Ini masih proses pelaporan dari kecamatan,jelas Prasetiawan, kemarin.

Dalam pelaksanaan pilkades, bagi desa yang pelamarnya lebih dari lima orang, harus melakukan penyaringan hingga diperoleh calon kades maksimal lima orang. Seleksi melalui pembobotan berdasarkan pengalaman kerja di lembaga pemerintah, pendidikan dan usia. Soal latar belakang pendidikan mulai dari SLTPsampai dengan tak terbatas, sedangkan usia minimal 25 tahun, sebutnya.

 

Prasetiawan menjelaskan, kriteria pembobotan berdasarkan usia 25 hingga 40 tahun, lebih dari 40 tahun hingga 55 tahun dan usia lebih dari 55 tahun. Jika setelah dilakukan pembobotan ternyata terdapat peserta yang nilainya sama, maka penentuan peserta peringkat kelima akan diadakan seleksi akademis oleh panitia desa. Seleksi akademis ini dilaksanakan maksimal tiga hari setelah pembobotan. Sedangkan penetapan calon kades dijadwalkan tanggal 3 Desember mendatang. Hal ini untuk mengantisipasi manakala ada desa yang setelah membuka pendaftaran selama enam hari kerja mulai 10 hingga 17 Oktober, ternyata yang hanya satu orang atau malah tidak ada pendaftar.

 

Jika terdapat hal demikian, maka akan dibuka pendafataran II selama 20 hari kerja. Jika ternyata sampai 17 Oktober tidak ada pendaftar, maka panitia dapat membuka pendaftaran lagi mulai 18 Oktober atau selama 20 hari kerja. Tapi Sabtu dan Minggu tidak dihitung, sebutnya.

 

Sumber Berita :https://www.suaramerdeka.com/news/suara-pantura

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose