Bawaslu Copot Ribuan APK yang Terpasang di Jalan Protokol

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan. Padahal, Bawaslu sudah sering mengingatkan kepada para tim kampanye maupun calon anggota legislatif (caleg) agar memasang APK sesuai dengan aturan.”Sudah sering menegur mereka (tim kampanye atau caleg), tapi tidak diindahkan. Terpaksa kami bredel,” kata Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kabupaten Tegal, Sri Anjarwati.

Menurut dia, penertiban APK kedua kalinya ini berhasil menurunkan paksa sebanyak 5.525 unit. Penertiban tersebut, Bawaslu melibatkan Satpol PP Kabupaten Tegal, Dishub Kabupaten Tegal, Perkimtaru Kabupaten Tegal, KPU Kabupaten Tegal, dan sejumlah pihak terkait lainnya. Penertiban itu mendasari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan Peraturan KPU serta Perbawaslu. “Walaupun mereka membayar (pajak), tapi pemasangan APK di Jalan Protokol tetap kami bredel. Itu karena memuat citra diri caleg,” ujarnya.

Menurut dia, larangan itu mendasari Surat Edaran (SE) Nomor 1990/ K.Bawaslu/ PM.00.00/ X2018 tentang Pengawasan Metode Kampanye Pemilu 2019. Pada poin 7 disebutkan, peserta pemilu, pelaksana kampanye, dan tim kampanye, dilarang memasang APK yang dikenakan retribusi, kecuali yang difasilitasi dengan ketetapan KPU.”Kami memang sempat diprotes karena caleg sudah bayar pajak. Tapi, kami tetap berpegang teguh dengan aturan yang ada,” sambung dia.

Dia mengimbau, para caleg atau tim kampanye agar memasang APK sesuai dengan aturan. Tidak hanya dari segi pemasangan, tapi juga kontennya tidak mengandung hoak dan isu sara. Caleg dan tim kampanye juga dilarang memasang APK dengan menempel di pohon, tiang listrik, jembatan, tempat pendidikan, kantor pemerintah, dan tempat ibadah.

“Jika ada yang diikat di pohon, maka ikatnya saja yang kami potong karena sudah ada bambunya milik caleg,” tutupnya.

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose