Kabupaten Tegal Membutuhkan Perda Irigasi

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Kabupaten Tegal dinilai perlu membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur soal keirigasian. Perda soal keirigasian tersebut dibutuhkan karena sebagian besar masyarakat Kabupaten Tegal bertumpu pada sektor pertanian.

Sektor pertanian di Kabupaten Tegalsendiri mencakup hampir semua dataran, baik saat di rendah maupun tinggi.Selama ini, pengelolaan irigasi di bagian dataran tinggi Kabupaten Tegal dikelola Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Sedangkan, di wilayah pantura Kabupaten Tegal dikelola oleh Pemprov Jateng.

“Karena itu lah, Pemkab butuh aturan tersendiri. Supaya bisa mengatur di seluruh wilayah Kabupaten Tegal,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal, M Khuzaeni.

Dia menjelaskan, sektor irigasi pertanian di Kabupaten Tegal masih terkendala kewenangan dalam pengelolaan. Hal itu yang membuat DPRD tidak bisa memaksimalkan penganggaran dalam pengelolaan irigasi. Termasuk, tambah dia, Pemkab Tegal dinilai belum maksimal dalam pembangunan irigasi pertanian.

“Bidang Pengairan DPU masih kekeh bahwa kewenangan irigasihanya di empat kecamatan, yakni Jatinegara, Bojong, Bumijawa dan sebagian Balapulang yang notabene berada di permukaan dataran tinggi,” ujar Jeni Bae, sapaan akrabnya.

Dia menyebut, Kabupaten Indramayu Jawa Barat menjadi salah satu penopang lumbung pangan nasional yang telah memiliki payung hukum tentang pembangunan irigasi pertanian. Seluruh irigasi di wilayah itu, menurut Jeni, dikelola sendiri dengan Perda tentang Irigasi Pertanian. Hal itu membuat pengelolaan irigasi di kabupaten tersebut terpelihara dengan baik.”Kabupaten Tegal tentu harus membuat aturan itu. Sehingga pengelolaan dapat dilakukan sendiri tanpa melibatkan provinsi,” sarannya.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose