Ribuan Warga Kabupaten Tegal Nyoblos di Luar Kota

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Ribuan warga Kabupaten Tegal terpaksa nyoblos di luar kota dalam Pemilu 2019 yang dilaksanakan hari ini. Mereka rata-rata bekerja, mahasiswa dan anak pondokan. Namun, mereka hanya bisa mencoblos untuk pemilihan presiden (pilpres).

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Adi Purwanto mengatakan, diketahuinya jumlah warga yang menyoblos di luar daerah, karena berdasarkan dari laporan masing-masing KPU tujuan perantau. ’’Mereka daftar form A5. Lalu masuk DPTb dan datanya tersinkron dengan kami. Jumlahnya sebanyak 2.298 pemilih,’’kata Adi. Sebaliknya, kata dia, bagi perantau dari daerah lain yang menyoblos di Kabupaten Tegal ada sebanyak 1.999 orang.

Mereka yang akan menyoblos pada hari ini adalah dari kalangan santri dan pekerja tugas luar kota. ’’Pekerja tugas luar kota seperti tim teknisi PLN, Lembaga survei, dan sejenisnya. Mereka yang daftar form A5 ke kami maksimal sampai H-7 pencoblosan,’’ terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, adapun pengurusan pindah memilih bisa maksimal sampai H-1 pencoblosan atau tepat hari ini. Namun, pengurusan form A5 itu diperuntukan bagi warga yang secara tiba-tiba masuk Rumah Sakit, Rumah Tahanan (Rutan), maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Bagi warga penghuni tiga kriteria tersebut bisa mengajukan pindah memilih. ’’Semisal sakit, pemilih tersebut bisa langsung mengajukan ke KPU untuk pindah memilih atau bahkan TPSnya dibawa ke rumah sakit. Tiga kriteria itu sudah tercantum pada aturan Pemilu,’’pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose