Sekda Menginginkan Jamu Di UPTD WKJ Kalibakung Tegal Dapat Dikloning Di Setiap Puskesmas

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Tegal tahun 2019 mulai dibuka Selasa (23/4/2019) ini, di Stikes Bhamada Slawi. Belasan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasykes) berupa Puskesmas tiap kecamatan pun hadir memeriahkan pembukaan Rakerkesda ini
Beberapa Fasykes di antaranya menyedot perhatian para tamu undangan seperti layanan minum jamu dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Kecamatan Balapulang dan Perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODFJ) milik Puskesmas Jatinegara, Kecamatan Jatinegara.

Adapun jamu yang tersedia secara cuma-cuma untuk para peserta Rakerkesda di antaranta, jamu wedang secang, beras kencur, jahe, hingga uwuh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono yang hadir pada acara tersebut menyebut, adanya Fasykes khusus seperti UPTD WKJ Kalibakung ini diharapkan dapat dikloning di setiap Puskemas tingkat Kecamatan.”Saya berharap, jamu-jamu olahan alami dari UPTD WKJ Kalibakung bisa ditransfer ke masing-masing puskesmas kecamatan. Biasakan minum jamu untuk menjaga kesehatan. Biasakan mencegah dengan minum jamu,” kata Joko

Dia menjelaskan, olahan jamu yang dikembangkan olah UPTD WKJ memang diperuntukan khusus bagi kesehatan.Namun, kata dia, jamu-jamu yang dikembangkan UPTD WKJ khusus untuk tindakan preventif.”Kami melalui Dinkes tengah menyiapkan agar jamu olahan UPTD WKJ bisa menjadi produk UKM unggulan yang bisi dipakai di masing-masing puskesmas.

Maka dari itu, Masyarakat harus berbondong-bondong minum jamu sebelum sakit,” harap Sekda.
Sementara, Pelaku UKM Jamu, Maria (41) berharap, para pengrajin usaha Jamu difasilitasi pemerintah dalam hal Standar Operasional Produk (SOP).

Selain SOP, Maria juga menginginkan agar budaya minum jamu di Kabupaten Tegal bisa digalakan melalui berbagai acara.”Yah, saya berharap adanya UPTD dan kami para pelaku usaha jamu bisa berbarengan. Kami juga ingin diberi pelatihan soal SOP keheginisan produk jamu,” tutur Maria, pelaku UKM Jamu asal Kecamatan Adiwerna.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose