Bupati Tegal Menginginkan Para Siswa SMK Dapat Menangkap Peluang di Era Digital

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Bupati Tegal Umi Azizah menekankan kepada siswa SMK untuk menangkap peluang usaha di era keterbukaan informasi yang semakin cepat dan canggih saat ini. Sebab, kata dia, di era digital berwirausaha bukan menjadi sebuah alternatif melainkan sebuah keharusan.

Dengan memanfaatkan dunia digital atau medsos, setiap orang dapat memasarkan karya atau produknya sendiri.“Belajarlah dari negara-negara maju, karena 75% warganya adalah pengusaha. Maka ubah mindset adik-adik untuk mampu mengembangkan pola kemandirian salah satunya dengan berwirausaha,” tutur Umi saat acara Forum Diskusi Publik dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Kejuruan Untuk Melahirkan Tenaga Terampil dan Siap Kerja, di SMK Negeri 2 Slawi, Selasa (7/5/2019) siang hari.

Dikatakan Umi, prospek menjadi petani milenial juga harus ditangkap oleh adik-adik siswa SMK, apalagi di SMK Negeri 2 Slawi, yang notabene menggeluti dunia pertanian. Sebab, 55 persen penduduk Kabupaten Tegal berprofesi sebagai tukang cocok tanam. “Tinggal bagaimana kita menangkap peluang tersebut, misalnya menjadi petani organik. Bagaimana memanfaatkan tomat atau lombok agar dapat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Tidak hanya digunakan untuk olahan sambal,” pungkasnya.

Umi menjelaskan, pangan menjadi sumber tenaga kehidupan masyarakat dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, Umi menitip pesan kepada semua guru dan pelajar SMK untuk lebih terbuka dan adaptif dengan penggunaan teknologi pintar, artificial intelligence.“Ingat kuncinya adalah kita harus adaptif dan bisa berinovasi. Karena era sekarang bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil. Tetapi yang cepatlah yang akan mengalahkan yang lambat,” tegas Umi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose