Kolam Renang Tertua di Kabupaten Tegal Akan Dibenahi Untuk Pertanian

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Embung di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal dipercayai sebagai kolam renang tertua di Kabupaten Tegal. Untuk itu Pemerintah Desa (Pemdes) Kalibakung, berencana merapihkannya lagi dan membangun embung Desa.

Embung desa yang disebut Telaga Kalimus itu rencananya akan difungsikan untuk berbagai tujuan. Salah satunya untuk memperlancar saluran irigasi pertanian di wilayah sekitar Kalibakung atau Balapulang. konsep atau design embung juga akan diintegrasikan dengan upaya untuk menghidupkan kembali kolam renang Kalibakung. Kolam renang tersebut merupakan kolam renang tertua di Kabupaten Tegal.

Kepala Desa Kalibakung, Mujiyono menuturkan, kolam renang tersebut sudah ada sejak 73 tahun silam dan dibangun pada masa penjajahan Belanda. Namun karena berbagai faktor, kata Mujiyono, pengelolaan kolam renang tidak optimal sehingga mangkrak. “Maka, kami berniat menghidupkan kembali kolam tersebut sekaligus membangun embung bagi saluran irigasi pertanian.

Dengan dibuatnya embung tersebut, diharapkan petani bisa panen tiga kali dalam setahun. Nanti, embung itu juga buat wisata, pertanian, dan perikanan,” ucap Mujiyono

Untuk menghidupkan kembali kolam itu, pihaknya telah melakukan pembangunan tahap awal embung pada Rabu (8/5/2019) lalu.Rencananya, embung akan dibuat dengan ukuran 100 meter x 130 meter dengan kedalaman 2-4 meter. Lokasi embung yang dibangun berjarak sekitar 500 meter dari lokasi kolam renang. “Pembangunan awal embung memakai Dana Desa (DD) sebesar Rp 500 juta.

Muji mengaku, niatan membangun embung memang didasari dengan banyaknya keluhan petani Kalibakung yang kerap gagal panen. Mirisnya, kata Muji, para petani pun sudah merasa sangat bersyukur apabila bisa satu kali panen dalam setahun.Sehingga, aset desa yang dinilai legendaris itu harus dioptimalkan demi kepentingan masyarakat, utamanya para petani. “Dengan adanya embung, harapannya bisa mengintegrasikan konsep desa wisata dan pertanian. Saat ini, di Desa Kalibakung juga tengah digarap titik-titik wisata desa yang digarap oleh investor,” Ujar Mujiyono.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose