Izin Produksi Industri Rumah Tangga Di Kabupaten Tegal Kini Tidak Perlu Memakai IMB

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Proses perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Tegal kini dipermudah.

Bupati Tegal, Umi Azizah ingin memberikan kemudahan dan memangkas regulasi bahwa para pelaku IKM dalam mengurus izin PIRT tidak harus lagi melampirkan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) “Harapannya dalam pemangkasan regulasi ini proses usaha di sektor pangan akan lebih cepat dan mudah,” kata Umi saat acara Rakor Pelayanan Rekomendasi Sertifikasi Laik Sehat dan PIRT serta Pelaksanaan Pengawasan Pangan Menjelang Lebaran, di Ruang Rapat Sekda, Rabu (15/5/2019) pagi.

Umi mengatakan bahwa masih banyak pelaku usaha bergerak di bidang pangan, yang produksinya masih di dalam rumah. Sehingga, menurut Umi, para IKM tidak diwajibkan untuk melampirkan IMB ke Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) “Tetapi bagi mereka yang sudah mempunyai toko atau usahanya sudah besar, tidak dirumah lagi. Harus melampirkan IMB,” tandasnya.

Sementara itu, Sekdin DPMPTSP Kabupaten Tegal, M Budi Eko Setiawan mengatakan, terdapat IKM yang tidak mewajibkan melampirkan IMB serta wajib melampirkan IMB. Hal itu didasari dengan status pelaku usaha yang perseorangan ataupun non perseorangan. Bahkan, selain melampirkan IMB, pelaku IKM yang sudah tergolong besar juga wajib melampirkan NPWP.“Sudah sukses masa tidak bisa mengurus IMB bahkan NPWP, bayar IMB juga kan sekali seumur hidup,” kata Eko.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose