Aman dari Hipertensi dengan Menyisakan Setengah Kuah Rendang Lebaran

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MOMEN lebaran menjadi saat bersama keluarga yang tak bisa dilupakan. Bisa makan bersama dalam satu meja makan dengan perasaan syukur tak terhingga, menjadi hal yang indah.

Makanan khas lebaran pun tersaji. Mulai dari yang berkuah, tumis, goreng, sampai kue-kue kering ada di sana. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, semua makanan itu tidak bisa serta merta dicicipi. Bahaya! Bukannya perasaan senang yang dirasa, malah pusing di kepala.

Nah, agar Anda tetap bisa setidaknya menyicipi makanan khas lebaran, khususnya yang berkuah, Anda bisa terapkan tips yang diberikan Dokter Spesialis Hipertensi, Yoshihiko Watanabe. Dalam bukunya yang berjudul 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah, dia menuturkan, cara yang paling mudah adalah mengurangi konsumsi garam.

Rasa asin dalam makanan memang menjadi salah satu tolak ukur makanan tersebut enak atau tidak. Ketika harus mengurangi garam, rasa hambat akan terasa. Namun, itu bukan masalah bahkan sesuatu yang disenangi tubuh. Sebab, tekanan darah akan menjadi lebih normal.

Nah, trik mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi kuah makanan yang dikonsumsi. Jadi, ketika Anda ingin makan rendang atau ketupat sayur, setidaknya kuah yang dituangkan dalam piring tidak banyak atau jika mau tidak menggunakan kuah sama sekali.

Perlu diketahui, dengan mengurangi 1 gram garam, itu sama saja dengan penurunan 1 mmHg. Dengan demikian, dengan estimasi mengurangi kuah sama dengan mengurangi 5 mm garam, Anda sudah menghindari tubuh dari serangan stroke!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose