Selama Libur Lebaran Objek Wisata Guci Menggunakan E-Ticketing

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Uji coba e-Ticketing di Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci berhasil melakukan transaksi sebanyak 16.990 orang selama Libur Lebaran. Jumlah transaksi e-Ticketing tersebut terhitung dari H+1, Kamis (6/6/2019) sampai H+3, Sabtu (8/6/2019).

Kepala UPTD Pariwisata Guci, Abdul Haris menuturkan, metode e-Ticketing di pintu masuk pos Retribusi itu menggunakan alat mpos. Alat mpos sendiri, kata Haris, difungsikan untuk mempercepat data jumlah tarif retribusi dan pengunjung yang masuk wisata Guci ke database secara digital.

Meski begitu, dia menyebut cara transaksi e-Ticketing di obyek wisata yang berada di Kaki Gunung Slamet itu masih secara tunai.”Transaksinya masih tunai. Pakai uang. Hanya saja, data retribusi yang masuk ke kita itu secara digital sehingga tidak manual lagi. Nanti, pengunjung akan dapat struk yang keluar dari mesin alat mpos itu. Ya, seperti di minimarket gitu, belanja lalu dapat struk bukti pembelian,” papar Haris.

Dia menambahkan bahwa selama uji coba pada libur lebaran ini, pihaknya baru bisa memakai 16 alat mpos saja bagi para pengunjung.Alhasil, diakui Haris, tidak semua pengunjung yang masuk ke wisata Guci lewat transaksi alat mpos.”Sehingga, masih banyak juga pengunjung yang masuk masih memakai sistem konvensional lewat karcis. Jadi hitung datanya masih manual. Namun, sebagiannya telah tersistem digital lewat alat mpos,” sambungnya.

Adapun penerapan e-Ticketing melalui alat mpos tersebut memang mulai diterapkan pada tahun 2019 ini Pemerintah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tegal telah menyiapkan 26 alat mpos di pintu pos retribusi Guci. Namun, pihak UPTD setempat masih melakukan ujicoba sebanyak 16 alat mpos saja pada libur lebaran ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose