Libur Lebaran Volume Sampah di Kabupaten Tegal Naik Dua Kali Lipat

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Volume sampah di Kabupaten Tegal meningkat dua kali lipat selama libur lebaran tahun 2019 ini. Dari pengalaman tahun lalu saja, jumlah volume sampah saat libur lebaran mencapai 650 kubik per harinya. Padahal, jumlah sampah hanya mencapai 250 hingga 300 kubik per hari saat di hari-hari biasa.

Dari pantauan yang dihimpun di lapangan, tumpukan sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara Sampah (TPS) diketahui menggunung dan terbengkalai. Adapun contoh tumpukan sampah yang menggunung terjadi di TPS Dukuhsalam Kecamatan Slawi dan TPS Pasar Balamoa Kecamatan Pangkah.

Di dua TPS tersebut, sampah yang sebagian besar berasal dari limbah rumah tangga iyu tak kunjung diangkut sehingga menggunung. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal, Agus Subagyo menyebut, berencana akan meniadakan TPS yang berlokasi di pinggir jalan. Pasalnya, jumlah sampah akan tidak bisa terkontrol jika TPS berada di pinggir jalan.”Dua TPS tadi emang di pinggir jalan sehingga tahun ini saya berencana akan meniadakan TPS di pinggir jalan. Hal itu dilakukan agar warga dari manapun tidak sembarang membuang sampah,” jelas Agus.

Selain itu, Agus juga menyebut jika keberadaan TPS di pinggir jalan akan memperburuk tata letak dan kelola keindahan kota. Imbasnya TPS di pinggir jalan, kata dia, berpengaruh juga pada proses penilaian Adipura yang berlangsung setiap tahun.”Kalau sampah berserakan di pinggir jalan akan memperburuk penilaian Adipura ke Kabupaten Tegal. Akibatnya, kita tidak dapat Adipura,” cetus dia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose