100 Peserta Lolos Program Wirausaha Pemuda Kab Tegal

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Tim Wirausaha Pemuda (WP) Kabupaten Tegal akhirnya memilih 100 proposal atau peserta untuk masuk tahap pembekalan.Sebagian besar 100 ide yang lolos seleksi itu mayoritas menggarap industri kreatif seperti di bidang jasa dan layanan.

Sebelumnya, Pemkab Tegal melalui Tim WP Kabupaten Tegal telah membuka pendaftaran program penumbuhan wirausaha pemuda pada tanggal 1 Februari sampai 14 April 2019. Dari total pendaftar sebanyak 401 peserta, tim WP akhirnya menyeleksi hingga 100 peserta saja yang maju ke tahap berikutnya.

Bupati Tegal, Umi Azizah sangat mengapresiasi minat wirausaha khususnya di kalangan pemuda. Sebab dari 401 peserta yang mendaftar, terdapat seribu lebih ide gagasan usaha yang masuk ke email Tim WP Kabupaten Tegal.”Selamat kepada para peserta yang sudah mencapai tahapan ini, mudah-mudahan mampu membuka wawasan tentang lingkungan usaha, faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis atau rencana bisnis kalian,” ujar Umi, saat membuka acara Pembekalan Lingkungan Usaha Progam Penumbuhan Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal, di Pendopo Amangkurat Pemkan Tegal, Jumat (14/6/2019).

Umi mengungkapkan, pertumbuhan kewirausahaan merupakan ciri kemajuan ekonomi sebuah bangsa.Dimana, terang dia, perekonomian negara dapat tumbuh selama proporsi wirausaha minimal dua persen dari total jumlah penduduk.Maka dari itu, sinergi antara pemerintah, akademisi, perusahaan, dan masyarakat sebagai pasar sangat dibutuhkan. Sementara itu, perkembangan usaha dari segi kuantitas dan kualitas membutuhkan ekosistem ekonomi tersendiri.

Menurut Umi, ekosistem tersebut terdiri dari bimbingan oleh mentor, kolaborasi pemerintah, pengusaha, akademisi, kemudian jaringan usaha, sumber daya manusia dan modal. Sejalan dengan hal tersebut, orientasi kebijakan pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Tegal 2019-2024 adalah menciptakan generasi muda yang unggul untuk menumbuhkan wirausaha muda melalui program wirausaha pemuda ini.”Tujuannya adalah mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas usaha. Dengan harapan mampu menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Bappeda Kabupaten Tegal, Akhmad Uwes Qoroni mengatakan, ide gagasan yang dikirimkan oleh peserta sebagian besar mengarah ke industri kreatif. Disusul dengan industri agribisnis, industri manufaktur dan industri wisata.”Setelah pembekalan ini, nantinya akan diseleksi kembali menjadi 50 peserta kemudian mengerucut menjadi 28 peserta. Dan 28 peserta inilah yang akan kami bimbing agar menjadi wirausahawan,” jelas Uwes.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose