Bupati Tegal Resmikan Wisata Bukit Rangkok

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

BALAPULANG – Destinasi wisata Via Ferrata Bukit Rangkok yang ada di Desa Pagerwangi Kecamatan Balapulang telah resmi menjadi destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Tegal. Peresmian ini dilakukan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah pada Senin (24/6/19) sore hari, di Desa Pagerwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Umi mengajak Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Tegal, untuk uji nyali memanjat Bukit Rangkok dengan teknik via ferrata atau menaiki tangga besi yang membentang di sepanjang rute dan menempel tetap pada dinding tebing. Kepala OPD itu diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perkimtaru, Direktur RSUD dr. Soeselo, Kepala Dinas DPMPTSP serta Kepala Desa Pagerwangi.

Bukit Rangkok yang berada di Desa Pagerwangi tersebut merupakan wisata via ferrata pertama di Kabupaten Tegal, sekaligus menjadi wisata via ferrata kelima di Indonesia. Tak hanya itu, dari kelima wisata via ferrata yang ada di Indonesia, via ferrata di Bukit Rangkok ini merupakan satu-satunya wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa.
“Asik dan sangat menyenangkan. Saya baru tahu ternyata di Pagerwangi ada bukit yang sangat indah,” kata Umi, saat berada diatas tebing Bukit Rangkok.

Umi sangat mengapresiasi pengembangan destinasi wisata baru itu, karena selain mampu membangun kemandirian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Sekaligus, juga mampu memupuk semangat kebersamaan, kegotongroyongan sebagai modal sosial, modal utama membangun desa.

“Saya berharap adanya kolaborasi dan kerjasama sinergis antara Pemdes dengan warga, utamanya anak-anak mudanya. Supaya mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi berbagai persoalan. Sehingga, nantinya Pagerwangi bisa dikenal oleh masyarakat baik lokal maupun mancanegara,” kata Umi.

Umi juga menitip pesan kepada seluruh masyarakat desa Pagerwangi untuk menjaga kebersihan bersama di lingkungan sekitar wisata desa Pagerwangi. Supaya pengunjung yang datang semakin betah berwisata di Pagerwangi dan pulang membawa kesan dan cerita baik akan Pagerwangi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Hendadi Setiadji mengungkapkan wisata Bukit Rangkok sangatlah mengasyikkan dan penuh tantangan. Selain instagramable, juga bisa menjadi sarana untuk olahraga “Ini sangat luar biasa. Icon baru di Kabupaten Tegal yang bisa mendunia. Panjat tebing ini juga bisa dinikmati oleh kalangan usia, karena didampingi oleh local guide terlatih,” tuturnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose