Bupati Tegal Ingatkan Kepada Seluruh Kepala Desa Tentang Manfaat Dana Desa

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Bupati Tegal, Umi Azizah mengingatkan kepada kepala desa supaya berhati-hati dalam menggunakan dana desa. Penggunaan dana desa harus digunakan sesuai kebutuhan dan jangan sampai terdapat kelalaian dalam menggunakan dana desa. Sebab, akan berdampak persoalan hukum bagi para kepala desa.

Hal tersebut disampaikan Umi pada acara Pelatihan Manajemen Pemerintahan untuk Kepala Desa Tahun 2019 Hasil Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2018, di Gedung Muslimat NU Slawi, Selasa (25/6/19) kemarin.

Umi mengungkapkan, selain untuk infrastruktur desa dan pengentasan kemiskinan seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, dana desa juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, meliputi pemberdayaan kewirausahaan pemuda, seni maupun bakat olahraga pemuda.

Pemerintah Desa dapat memberikan pelatihan atau ruang khusus untuk pemuda desa yang memiliki minat berwirausaha. Begitupun dengan pemuda desa yang mempunyai bakat olahraga maupun seni. “Beri mereka peralatan seni atau olahraga yang memadai melalui dana desa, agar anak-anak usia produktif bisa menjadi potensi sumber daya manusia untuk pembangunan daerah melalui desa,” tutur Umi.

Namun, dikatakan Umi penggunaan dana desa tersebut harus dibahas melalui musyawarah desa yang telah disepakati bersama. Ketika suatu desa infrastruktur jalan desanya sudah bagus, maka penggunaan dana desa dapat dipergunakan untuk hal yang lain.

Umi mengatakan dana desa juga dapat dialokasikan untuk membantu warga desa yang terkena musibah. Misalnya di suatu desa terdapat rumah warga yang roboh terkena angin puting beliung atau kebakaran atau musibah lainnya. Pemerintah Desa harus hadir memberi bantuan untuk warganya. “Pemerintah Desa harus bergerak cepat, membantu warga yang terkena musibah melalui dana desa bidang kebencanaan,” ujarnya.

Umi berharap Kepala Desa mampu mengalokasikan dana desa dengan benar, sesuai dengan visi-misi para pengampu kebijakan. Karena visi misi di daerah mengacu pada visi misi gubernur bahkan presiden, sebab daerah sampai pusat merupakan satu kesatuan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose