PPDB SMA Negeri di Nilai Belum Cocok di Terapkan di Kabupaten Tegal

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA/SMK dengan menggunakan zonasi kembali dinilai belum cocok diterapkan di Kabupaten Tegal. Pasalnya, tidak semua SMA negeri di Kabupaten Tegal memiliki fasilitas mumpuni dalam menyanggupi server sistem dari pemerintah.”Ini sudah saya sampaikan sebelum diberlakukannya sistem zonasi sejak tahun lalu bahkan.Tapi tidak ada tindak lanjut dari pemerintah. Dengan kondisi saat ini, Kabupaten Tegal belum tepat diterapkan sistem zonasi,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Bakhrun.

Meski demikian, dia tak menampik, tujuan diberlakukannya sistem zonasi memang baik yakni, untuk pemerataan kualitas pendidikan sehingga tidak ada sekolah favorit. Selain itu, tambah Bakhrun, biaya transportasi siswa juga lebih ringan karena tempat pendidikan dekat dengan tempat tinggal. Namun fakta di lapangan, ternyata sejumlah kecamatan di Kabupaten Tegal banyak yang belum memiliki SMA Negeri. “Kecamatan yang tidak memiliki SMA di antaranya Suradadi, Jatinegara, dan Margasari,” kata Bakhrun.

Dia menuturkan, pendaftaran PPDB dengan sistem online membuat siswa berebut untuk lebih dahulu mendaftar. Hal itu karena berpengaruh terhadap quota sekolah masing-masing. Sementara itu, jarak tempat tinggal dengan sekolah juga berpengaruh terhadap penerimaan siswa. Semakin dekat dengan sekolah, maka poin yang didapatkan akan semakin tinggi.Padahal, siswa yang tinggal di wilayah tanpa sekolah negeri, akan mendapatkan zonasi di wilayah terdekat.”Jadi siswa yang tinggal di wilayah tanpa sekolah negeri, kesempatannya semakin tipis. Kasian mereka,” ujar politisi PKS ini.

Dia menyarankan, pemerintah harus segera memenuhi fasilitas pendidikan. Setidaknya, pemerintah menambah kuota penerimaan siswa dengan membuat ruang kelas baru. Jika kuota banyak, maka siswa yang jarak rumahnya jauh berkesempatan untuk diterima di sekolah tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose