Tiap RTM di Kabupaten Tegal Dapat 50 Ekor Ayam Kampung DOC

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Tiap Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Tegal akan mendapat bantuan sebanyak 50 ekor ayam kampung Day Old Chicken (DOC) atau baru menetas sehari. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pemerintah Kabupaten Tegal.

Nantinya, bantuan ayam DOC itu akan diberikan kepada 9.000 RTM Kabupaten Tegal dari Kecamatan Balapulang, Lebaksiu, dan Bumijawa.”Satu RTM dapat 50 ekor ayam kampung yang masih DOC. Saat ini, tim fasilitator TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) sedang memverifikasi 9805 RTM yang terdaftar. Dari jumlah RTM itu, 9000 di antaranya akan mendapat bantuan,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo.

Dia menyebut, total bantuan dari Kementan untuk pengetasan kemiskinan di Kabupaten Tegal ada sebanyak 450 ribu ekor ayam DOC. Selain pemberian ayam, kata Toto, pihak Kementan pun akan memberikan bimbingan penyuluhan, pakan ternak, dan vaksin bagi penerima bantuan.

Toto menjelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada RTM sebagai modal bisnis berternak.”Karena ayamnya itu bisa diternak, baik ternak telur maupun daging. Ayam DOC yang diberikan Kementan ini rentan bertelur. Namun penerima bantuan ini benar-benar harus dari keluarga tak mampu. Jangan sampai warga yang rumahnya bagus, justru dapat bantuan ini. Tidak tepat sasaran itu,” pungkas Toto.

Sementara itu, Plt Kabid Peternakan DKPP Kabupaten Tegal, Sugiyanto mengatakan, proses verifikasi penerima bantuan ini dilakukan selama bulan Juli 2019 ini. Sugiyanto menuturkan, penerima bantuan ayam DOC ini akan disubsidi juga pakan ternaknya selama empat (4) bulan. Menurut dia, bantuan berupa ayam DOC ini dipilih pemerintah karena bisa bertahan lama dan dapat menyesuaikan kondisi suhu sekitar. Sebab, pihaknya bercerita dulu sempat memberikan bantuan program serupa berupa ayam berumur 40 hari kepada warga namun tidak tahan lama.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose