1.137 Orang di Kabupaten Tegal akan Kembali Sekolah Kejar Paket A dan B

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –1137 orang putus sekolah di Kabupaten Tegal akhirnya bisa kembali duduk di bangku sekolah pada tahun 2019 ini. Lewat program ‘Yuh Sekolah Maning’, adapun sebanyak 341 orang bisa mengikuti program pendidikan non formal kejar paket A (SD). Sedangkan, 796 orang lainnya akan mengikuti program pendidikan non formal kejar paket B (SMP) tahun 2019 ini.

Kabid Pembinaan Paudni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal, Agus Budiyono menyatakan, target awal untuk menyerap program paket A yakni sebanyak 452 orang dan paket B 917 orang.

Menurut dia, kendala yang terjadi di lapangan adalah panjaringan warga belajar tidak terpenuhi.
“Jadi, mereka yang sempat kita data di tahun 2015, kini usianya sudah limit untuk memasuki jenjang pendidikan kesetaraan,” jelas Agus. Dia menyebut, warga belajar yang sudah terdata itu sebagian sudah merantau, menikah, meninggal dunia, dan tidak mau bersekolah lagi.

Berdasarkan data yang ada, dia menyebut angka putus sekolah di Kabupaten Tegal mencapai 11.878 orang yang perlu mendapat pendidikan sampai lulus SMA atau setara paket C. Dari jumlah itu, 4.424 orang di antaranya sudah melanjutkan kembali sekolah dan 499 baru mau melanjutkan. Kemudian, 6.767 orang di antaranya tidak mau melanjutkan sekolah dan 190 lainnya tidak terdeteksi keberadaannya.”Diaparitas partisipasi sekolah antar kelompok masyarakat masih tinggi. Secara umum masih tinggi,” ungkapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose