77 Desa di Kabupaten Tegal Belum Mencairkan Dana Desa Tahap I

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –77 desa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah belum mampu mencairkan bantuan keuangan dari Pemerintah Pusat berupa Dana Desa (DD) Tahap I sebesar 20 persen. Hal itu terjadi karena pencairan DD di tahun ini mengharuskan semua desa membuat penetapan APBDes 2019 sebagai syarat utama. Jika telah disusun, pemerintah desa (Pemdes) baru bisa mencairkan DD Tahap I tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, Prasetyawan mengatakan, sudah ada 263 dari total 281 desa yang mencairkan DD.

Menurut dia, nominal yang sudah diserahkan di rekening umum kas desa yakni sebesar Rp 63.464.381.800.Sementara, pencairan tahap 2 sebesar 40 persen sudah dilakukan di 104 Desa yang berhasil mencairkan dengan nominal sebesar Rp 50.818.490.800.”Untuk DD Tahap I 20 persen, 77 desa itu sebagian berkas sudah masuk dan sedang diproses di DPKAD,” kata Prasetyawan.

Pihaknya berharap, 77 desa tersebut dapat segera mencairkan DD tahap 1 dan segera menjalankan pekerjaan fisik.Sebab, Prasetyawan mengingatkan, waktu yang tersedia sudah sangat mendesak dan jika lalai akan dikenakan sanksi.”Pemerintah Pusat akan memberi sanksi apabila bantuan tidak terserap.””Sanksinya adalah mengurangi besaran dana yang dikucurkan dari rekening kas pusat ke kas daerah,” sebutnya.

Dia menyebut, total DD 2019 sebesar Rp 340 miliar lebih ini dicairkan tiga tahap. “Ya semoga 77 desa segera lengkapi persyaratan agar tahap 1 sebesar 20 persen bisa cair. Ini berpengaruh ke tahun depan kalau tidak terserap,” cetusnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose