21.572 anak di Kabupaten Tegal Sudah Kantongi KIA

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –21.572 anak di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah kini telah mengantongi Kartu Identitas Anak (KIA). KIA sendiri diperuntukan bagi anak-anak berusia dari 0 sampai 17 tahun supaya memiliki kartu identitas layaknya KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal, Supriyadi menuturkan, untuk tahun 2019 ini, pihaknya baru bisa menyiapkan 40 ribu keping KIA saja. Sedangkan, jumlah anak-anak berusia di bawah 17 tahun di Kabupaten Tegal ada sebanyak 395 ribu.”Sejauh ini, sudah 21.572 anak telah mengantongi KIA. KIA diprioritaskan terlebih dahulu untuk anak-anak di perbatasan Kabupaten Tegal. Seperti di Pemalang dan Kota Tegal. Pasalnya, sekolah di sana sudah mewajibkan dan menyaratkan anak memiliki KIA,” papar Supriyadi.

Andi, sapaannya menuturkan, sisa material KIA yang tersisa pada tahun 2019 ini berjumlah 18.428 keping.Untuk penyebaran sisa material itu, ujar Andi, Disdukcapil telah melakukan upaya jemput bola di sejumlah sekolah SD dan SMP di beberapa Kecamatan perbatasan. “Kami menyasar ke Kecamatan Dukuhturi, Talang, Kramat, Suradadi, dan Warureja. Kemungkinan bakal meluas juga ke Kecamatan Adiwerna,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, seluruh warga Indonesia saat ini wajib memiliki dokumen kependudukan.
Hal itu sudah sesuai dalam instruksi dari Kemendagri bahwa KIA diperuntukan bagi anak umur 0-17 dan e-KTP buat warga berusia lebih dari 17 tahun. KIA dan e-KTP, ujar Andi, bersifat atau berlaku untuk selamanya, alias seumur hidup bagi warga Indonesia.”Itu kebijakan lama dari Kemendagri. Hanya saja belum semua menerapkan. Tahun 2017 lalu, kita juga sudah menerapkan KIA sebanyak 7600 keping pertama. Namun tahun 2018 tidak dilanjutkan. Sekarang, KIA mulai kami terapkan lagi. Persyaratannya mudah, hanya tinggal membawa fotocopy KK dan Akte Kelahiran,” beber Andi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose