Pemkab Tegal Perluas Jaringan Internet ke Desa Terpencil

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Menghadapi revolusi industri 4.0, Pemkab Tegal tengah berupaya memperluas akses internet sampai ke desa-desa terpencil. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegl, Dessy Arifianto dalam agenda Bimtek Fiber Optic dan Internet of Think (IoT) di Aula SMKN 1 Slawi, Kamis (7/11/2019).

Dalam Bimtek tersebut, sekitar tujuh (7) SMK di Kabupaten Tegal diundang untuk mengikuti pelatihan Bimtek Fiber Optic dan IoT sebagai modal awal menuju konsep Smart City. “Sedikitnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan semua pihak untuk menuju Smart City. Pertama adalah kualitas SDM. Kedua adalah masalah kuantitas SDM. Lalu Ketiga adalah masalah distribusi SDM berkualitas yang masih belum merata. Semoga bekal di Bimtek yang berlangsung tiga hari ini (Rabu – Jumat, 8/11/2019) bisa jadi dasaran bagi para siswa SMK,” jelas Dessy.

Menurutnya, untuk mendapatkan SDM yang kompetetif dalam industri 4.0, kurikulum pendidikan harus dirancang agar outputnya mampu menguasai literasi berbasis data dan analisis.
Kini, Dessy mengaku sedang bersiap menciptakan SDM yang ahli dalam aplikasi untuk komunikasi data, voice, video, pengetahuan tentang Fiber To The Home (FTTH), dan aplikasi di industri kerja .

Dia berharap, persiapan SDM ini mampu memperluas jaringan akses internet sampai ke desa-desa terpencil sekalipun. “Sebab, ada beberapa pedukuhan seperti Dukuh Karangsari, Kecamatan Jatinegara dan Dukuh Sawangan, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal yang minim akses internet.

Harapannya, semua pedukuhan maupun desa di sini sudah terjangkau internet,” harap Dessy. Maka dari itu, dia menyebut, pelatihan ini dirancang sekaligus untuk menciptakan teknisi fiber optic yang siap terjun ke dunia kerja di perusahaan atau industri tehnologi informasi (IT). “Supaya terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan dan mengelola jarigan komputer sesuai dengan kebutuhan industri digital 4.0. Dalam acara ini, kami turut menggandeng Kementerian Kominfo,” pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose