Disdukcapil Menggratiskan Pembuatan Akta Perceraian

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Pelayanan pembuatan akte perceraian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal gratis. Disdukcapil juga menggratiskan pembuatan akte kelahiran, kematian, sampai perkawinan.

Kabid Pelayanan Sipil Disdukcapil Kabupaten Tegal, Endro Susilo mengatakan, pembuatan akte perceraian dijamin gratis. Dia menuturkan, pemohon tidak perlu dipungut biaya selama persyaratan yang diajukan lengkap.

Pelayanan tanpa biaya ini pun termasuk untuk pembuatan akte kematian, perkawinan, dan kelahiran. Namun khusus untuk pembuatan akte kelahiran ada dendanya, sesuai aturan Rp 10 ribu jika pembuatannya melebihi dari 60 hari setelah anak lahir.”Selama ini pelayanan akte masih normal, tidak ada antrian sama sekali. Justru bisa ditunggu dan langsung jadi. Tapi itu kalau persyaratannya sudah lengkap, kalau belum lengkap pegawai tidak berani membuatkannya,” kata Endro.

Sementara terkait e-KTP, tambah Endro, banyak pemohon yang rela mengantre karena jumlah blangko yang sangat terbatas. Dia mengungkapkan, setiap daerah hanya mendapatkan alokasi blangko e-KTP dari pemerintah pusat sebanyak 500 keping. “Itupun jatah untuk satu bulan. Padahal, kebutuhan di Kabupaten Tegal lebih dari itu. Bagi pemohon yang belum bisa mendapatkan e-KTP, terpaksa diganti dengan Surat Keterangan (Suket). Surat itu bisa digunakan untuk kepentingan perbankan, perkawinan, pemilu, pilkades, dan lainnya,” tambahnya.

Untuk itu Endro menghimbau kepada warga supaya rajin mengecek keberadaan blangko di kantor Disdukcapil langsung maupun secara online.”Apakah e-KTPnya sudah tercetak atau belum. Sehingga pemohon tidak harus mengecek ke kantor kecamatan maupun Disdukcapil. Saat ini masih ada blangko, tapi jumlahnya terbatas, sedikit sekali. Mungkin besok sudah habis lagi,” pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose