PDAM Kabupaten Tegal Mengalami Kendala Sumber Air

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tegal menargetkan 5.000-6.000 pelanggan baru tahun 2020 mendatang. Meski demikian, PDAM Kabupaten Tegal dihadapkan pada masalah yakni ketersediaan sumber daya air yang kian terbatas.

Direktur PDAM Kabupaten Tegal, Brahmono Weko Pujiono menuturkan, jika pihaknya belum dapat menemukan sumber daya air baru, maka dipastikan pada dua (2) tahun mendatang tidak akan bisa menambah lagi pelanggan baru.”Kalau ketersediaan air masih stagnan, dipastikan tahun 2021 dan seterusnya PDAM Kabupaten Tegal tak bisa menambah lagi pelanggan baru. Maka dari itu, kita masih menunggu kajian akademis dari UGM perihal air bawah tanah,” jelas Brahmono.

Dia menjelaskan, untuk hasil kajian akademis dari kampus UGM perihal air bawah tanah ditarget rampung awal Desember 2019 ini. Dalam waktu dekat, kata Brahmono, pihak UGM akan mempresentasikan hasil kajian akademis soal air bawah tanah di Kabupaten Tegal. “Kalau saya prediksi, ketersedian air bawah tanah di sini (Tegal) pasti ada. Masalahnya, apakah air bawah tanah yang tersedia di sini mencukupi untuk para pelanggan baru. Ini yang masih jadi pertanyaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Keuangan PDAM Kabupaten Tegal, Edi Sofyan menyebutkan, hingga saat ini, debit air yang dikelolanya berkurang hingga 30 persen. Hal itu terjadi karena dampak musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Tegal serta wilayah sekitar.”Meski sekarang sudah masuk musim hujan, tetapi penambahan pada debit air belum signifikan. Butuh waktu sekitar 3-4 minggu agar debit air bertambah dari hadirnya musim hujan,” katanya.

Dia merinci, apabila hasil kajian dari UGM dinyatakan positif, maka pihaknya akan langsung membuat Detail Engenering Design (DED). Sofyan mengaku, pembuatan jaringan transmisi Kepipaan air bawah tanah akan segera digarap apabila hasil kajian akademis dinyatakan positif tersedia.”Ini harus segera dibuat karena target pelanggan baru kita tahun 2020 tinggi. Anggaran untuk pembangunan jaringan transmisi kepipaan pun sudah ada. Kita (PDAM) kebetulan dapat bantuan program berbasis kinerja dari pusat sebesar Rp 5 Miliar,” pungkas Sofyan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose