Pepohonan yang Berada di Tepi Jalan Di Kabupaten Tegal Perlu Diwaspadai

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Sejumlah pepohonan yang tumbuh di tepi ruas jalan Kabupaten Tegal menjadi ancaman saat musim penghujan tiba. Pasalnya, saat hujan turun, tak sedikit pepohonan di wilayah Kabupaten Tegal tumbang dan jatuh ke tengah jalan. Tumbangnya pohon saat hujan turun sangat mengancam pengendara, khususnya pengguna sepeda motor yang sedang melintas.

Kasi Prasarana Sarana Utilitas (PSU) Dinas Permukiman dan Tata Ruang (Disperkimtaru) Kabupaten Tegal, Waedi menyebutkan, sejumlah titik ruas jalan di Kabupaten Tegal perlu diwaspadai saat hujan tiba. Dia mengaku, titik-titik tersebut sedang digarap proses penebangannya oleh Disperkimtaru. “Warga tidak boleh sembarangan inisitaif menebang pohon karena musim hujan. Karena, ini berkaitan dengan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Untuk penebangan pohon bisa lapor ke kami karena merupakan bagian dari tugas kami (Disperkimtaru),” ungkap Waedi.

Dia menuturkan, adapun pepohonan yang harus ditebang sebagian batangnya berada di sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Slawi. Di sana, kata dia, banyak pohon palm berumur tua yang dikhawatirkan roboh saat hujan deras turun. Kemudian batang-batang pohon tua di sepanjang ruas Jalan Profesor M Yamin Kecamatan Slawi – Ujungrusi Kecamatan Adiwerna perlu juga ditebang.

Selain itu, batang pohon-pohon yang harus ditebang antara lain berada di sepanjang ruas Jalan Aip KS Tubun Slawi dan Balamoa Kecamatan Pangkah – Tarub – Kemantran Kecamatan Kramat. “Sejumlah ruas jalan yang bagian tepinya ditumbuhi pohon itu sedang ditebang oleh kami.

Sejauh ini, ancaman pohon roboh ke jalan belum memakan korban. Saya berharap semoga tak ada pengendara yang jadi korban akibat batang pohon roboh ke jalan,” harapnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan supaya warga dan pemerintah desa tidak sembrono mengambil tindakan sendiri berupa menebang pohon tanpa pemberitahuan ke pihaknya. Terutama, tegas Waedi, bagi warga-warga yang desanya dilintasi ruas jalan milik Kabupaten, provinsi, maupun nasional. Sebab, warga yang menebang pohon tanpa pemberitahuan ke pihak Disperkimtaru bisa dianggap pidana karena melakukan penebangan liar. “Saya mohon laporkan dulu ke kami agar bisa ditindaklanjuti pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose