Jumlah Sampah di Kabupaten Tegal Mencapai 700 Ton per Harinya

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI –Volume sampah di Kabupaten Tegal menembus angka fantastis, yakni sekitar 700 ton per harinya. Data tersebut, didapat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal dalam hasil monitoring terbarunya hingga per Desember 2019 ini.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Sri Wahyuningsih menuturkan, tiap warga diasumsikan menghasilkan sampah seberat 0.5 Kg per harinya. Berdasarkan data yang diperoleh pihaknya saat ini menyebutkan jumlah warga di Kabupaten Tegal mencapai sekitar 1.4 juta jiwa. “Artinya, 0.5 Kg sampah itu dikalikan dengan total jumlah penduduk. Hasilnya, keluar sekitar 700 Ton.
Segitu total sampah yang kita hasilkan per harinya. Cukup fantastis memang,” ungkap Wahyuni.

Wahyuni mengaku, sejauh ini pihaknya baru bisa mengangkut sampah-sampah itu ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 46 persen dari total yang ada. Kemudian, kata dia, keberadaan bank sampah yang ada baru bisa mengolah sampah hanya sekitar 5 persennya saja. “Bank Sampah baru bisa mengelola sekitar 35 Ton-nya saja. Sedangkan upaya pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru tergarap sekitar 322 ton dari total per harinya,” jelasnya.

Dia menuturkan, TPA di Kabupaten Tegal hanya berjumlah satu unit di Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng. Sementara, total Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah di Kabupaten Tegal berjumlah 120 unit. Lalu, total bank sampah yang dikelola pemerintah desa ada sebanyak 129 unit. Pihaknya merinci, 50 TPS di antaranya tersebar di masing-masing kecamatan, 18 TPS di pasar-pasar, dan sisanya berada di sekitar jalan raya. Untuk itu pihaknya kini tengah merancang formula untuk mengatasi permasalahan sampah yang kian darurat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose