Tiga Ruang Kelas SD Negeri Cangkring 02 Kecamatan Talang Nyaris Roboh

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

TALANG –Kondisi bangungan SD Negeri Cangkring 02 Kecamatan Talang sangat memprihatinkan. Tiga ruang kelas nyaris roboh. Dindingnya retak dan sebagian dicagak atau disangga menggunakan bambu. Tak terkecuali dengan atapnya. Banyak bambu yang terpasang di luar kelas untuk menyangga atap tersebut.

Kepala SD Negeri Cangkring 02 Cecep Arsad mengatakan, kerusakan pada ruang kelas tersebut sudah terjadi sejak Oktober 2019. Penyebabnya saat musim kemarau panjang, tanag sawah di belakang sekolah yang sudah tidak digarap retak-retak. Kondisi itu kemudian menjalar ke pondasi bangunan sekolahnya. “Yang paling parah di ruang kelas IV, V A dan V B,” kata Cecep, Sabtu (11/1/20) lalu.

Menurut Cecep, kerusakan tidak hanya imbas dari retakan tanah. Tapi juga karena kondisi bangunan yang sudah berusia tua. Sekolah dibangun pada 1975. Saat dibangun, konstruksi bagian pondasi tidak menggunakan besi. Sehingga tembok ruang kelas tidak bertahan lama. Kondisinya sudah miring.“Retaknya semakin bertambah. Makanya atapnya kita perkuat pakai bambu untuk mengantisipasi ambruk yang mendadak,” ujarnya.

Cecep menyebutkan, dari tiga ruang kelas yang rawan roboh dan ambruk, satu ruang sudah dikosongkan. Siswa kelas V B yang biasanya menggunakan ruang tersebut digabung dengan kelas V A.“Ada 77 siswa kelas IV dan V. Rencananya mau saya pindah ke ruangan Badan Permusyawaratan Desa, di balai desa. Takutnya peristiwa 2003 terulang kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Guru kelas V, Wardi mengaku khawatir ketika proses belajar mengajar berlangsung karena kondisi ruang kelas yang rawan roboh dan ambruk.“Kami selalu waspada, nyuruh anak -anak untuk sama-sama waspada. Kalau istirahat jangan di dalam kelas. Ada rasa was-was. Apalagi ini lagi musim angin begini,” ucapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Comments are closed.

Berita menarik lainnyaclose