Komisi I Konsultasi Kemendagri Soal Alih Status Desa Slawi Kulon

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SLAWI – Masih terkatung-katungnya alih status Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi mendapat perhatian dari Komisi I. Bahkan dalam waktu dekat, Komisi I akan ke Jakarta untuk konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Khaeru Soleh, Senin (10/2/20) mengatakan, pro kontra soal peralihan status dari desa ke kelurahan di Desa Slawi Kulon terus bergulir. Supaya ada kepastian hukum, Komisi I akan berkonsultasi dengan Kemendagri soal tersebut.

“Sudah berapa tahun persoalan ini terus menggantung, tidak ada kepastian hukumnya. Desa tidak, kelurahan juga tidak, kasihan masyarakatnya,” katanya.

Meski untuk saat ini, tambah Khaeru Soleh, roda pemerintahan dapat berjalan dengan ditunjuk pelaksana tugas dari kecamatan. Namun tentu saja kewenangannya berbeda, sehingga masyarakat sendiri yang dirugikan. Diharapkan warga yang pro dan kontra peralihan status untuk kembali bermusyawarah, sembari Komisi I melakukan konsultasi dengan Kemendagri.

“Meski pihak kecamatan menunjuk Plt, tetap saja kewenangannya berbeda. Pesan saya, roda pemerintahan jangan sampai terganggu. Karena yang dirugikan adalah masyarakat banyak, bukan orang per orang,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Mu’min mengaku telah menggali beberapa informasi dari warga Desa Slawi Kulon, baik yang pro maupun kontra. Pada dasarnya, pada jejak pendapat awal masyarakat mendukung peralihan status dari desa ke kelurahan. Saat proses tersebut berjalan, ada kekurangan berita acara. Sehingga Pemkab Tegal meminta dilakukan musyawarah warga untuk melengkapi berkas.

Namun dalam musyawarah tersebut, dilakukan voting ulang dan suara terbanyak adalah menolak kelurahan. Padahal seharusnya, dalam musyawarah tersebut bukan untuk menentukan Slawi Kulon menjadi desa atau kelurahan. Namun hanya melengkapi berkas kekurangan persyaratan dari perda perubahan status Desa Slawi Kulon menjadi kelurahan. Karena tidak ada titik temu, Komisi I akan segera berkonsultasi dengan Kemendagri secepatnya. Supaya ada kejelasan dari Kemendagri, apakah Desa Slawi Kulon akan beralih status atau tidak. Semuanya akan ditanyakan ke Kemendagri agar semua pihak dapat menerima.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply

Berita menarik lainnyaclose